Membuang Pembalut yang Benar

Semua wanita yang sudah akil balig pasti menggunakan produk pembalut setiap bulannya. Masih banyak orang yang masih ragu bagaimana Cara Membuang Pembalut yang Benar. Hal ini dikarenakan kekurangan informasi dan rasa malu untuk bertanya. Tentang mencuci pembalut sebelum dibuang saja sudah menjadi bahan perdebatan. Beredar kabar jika darahnya dibuang begitu saja dengan pembalut, ditakutkan akan disalahgunakan menjadi objek santet atau yang pernah saya dengar dimakan kuntilanak Hahahaha. Ada juga yang  beranggapan bahwa darah haid adalah makhluk hidup, jadi harus diperlakukan secara special. Kalo  statement ini saya tidak tahu pastinya. But, karena banyak fenomena toilet kesumbat sama pembalut dan tempat sampah berpembalut (sumpah ini menjijikkan), maka lebih baik baca dulu prosedur pembuangan pembalut berikut ini :

Cara pertama :
1. Ambil pembalut
2. Gulung kecil
3. Masukkan ke kantong plastik HITAM
4. Ikat rapat
5. Buang ke tong sampah

Cara kedua :
1.   Ambil pembalut
2. Bersihkan pembalut sampai bersih (tapi pertimbangkan kemana saluran airnya ya)
3. Sobek salah satu ujung pembalut (memudahkan membersihkan pembalut andai anda mau mencuci)
4. Buang ke toilet-guyur (Loh ! Kok ! buang ke toilet? KHUSUS PEMBALUT TERURAI ya, kalau tidak nanti nyumbat. Baca : Cara Memilih Pembalut yang Baik

Cara ketiga :
1. Ambil Pembalut
2. Bersihkan sampai bersih
3. Masukkan ke kantong plastik HITAM
4. Ikat rapat
5. Buang ke tong sampah

Perlu diketahui, pembalut pada dasarnya bersifat disposible atau mudah terurai. Jadi pembalut yang baik akan langsung hancur jika terkena air atau dibuang ke toilet. Dibuang tanpa dicuci pun tak masalah menurut saya, karena pembalut berfungsi untuk menampun darah, mencucinya malah akan membuat tidak higienis. Saya pribadi lebih memilih cara ketiga. Karena saya belum secara pasti mengetahui bagaimana hukum membersihkan darah haid dan tong sampah adalah cara paling masuk akal daripada toilet. Toh di toilet-toilet umum banyak disediakan kantong plastik dan tempat sampah khusus, buat apa coba? 
Share on Google Plus

About Baca Online dan Seputar Blog

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment